TIPS SUKSES MENGHADAPI UJIAN NASIONAL

Untuk lulus dan mendapat nilai ujian terbaik, selain dengan giat belajar, kita sebaiknya juga banyak mendekatkan diri pada Alloh dan memanjatkan doa pada-Nya. Berdoa dapat menenangkan hati dan pikiran kita menghadapi soal-soal ujian dan tes yang diberikan. Adapun untuk memohon kepada Sang Maha Kuasa agar diberikan kemudahan dalam menjawab soal-soal tersebut, sebelum berangkat menuju tempat ujian, mintalah restu pada orang tuamu. Mintalah agar ibumu membacakan surat Al-Waqiah saat sekira kamu sedang mengerjakan soal.

Surat Al-Waqiah menurut beberapa ahli ilmu agama dianggap memiiliki banyak fadilah. Rosululloh bahkan pernah berujar bahwa barang siapa membaca surat Al-Waqiah, maka ia akan digolongkan pada golongan orang-orang beruntung, dan dijauhkan dari kafakiran. Nah, berikut ini lafadz Surat Al-Waqiah yang bisa dibaca sebelum menghadapi ujian.

Setelah meminta ibu Anda berdoa, saat sebelum menghadapi ujian Anda juga sebaiknya membaca doa agar dimudahkan dalam menjawab soal dan pertanyaan. Agar hati tenang dalam ujian, bacalah doa sebelum ujian yang juga merupakan doa dimudahkan segala urusan berikut ini.

Doa Sebelum Ujian
Latinnya : “Robbisy Rohli Sodri Wa Yassirli Amri Wahlul Uqdatam Millisani Yafqohu Qouli”

Artinya : “Ya Allah, lapangkanlah dada ku, mudahkanlah urusanku, dan lancarkanah lidah ku agar mereka memahami perkataanku.”
Membaca doa sebelum ujian di atas akan membuat hati dan pikiran Anda tenang sehingga fokus dalam mengerjakan soal. Adapun sebaiknya, selama mengerjakan soal tersebut, tetaplah berpikir optimis. Jauhkan perasaan takut dan hal negatif lainnya dari pikiran Anda. Namun jika masih tidak bisa, lafalkanlah taudz agar godaan syietan dan kesulitan dijauhkan dari diri Anda.
Suk
Selain dengan mempersiapkan diri sebaik mungkin dengan belajar lebih giat dan selalu berdoa sebelum ujian. Ada pula beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar sukses dalam ujian. Beberapa tips tersebut antara lain:
  1. Siapkan segala peralatan yang mungkin akan diperlukan selama menjalani ujian.
  2. Selalu bersikap percaya diri dengan kemampuan dan jangan terpengaruh dengan bisikan teman-temanmu yang bisa saja mengarahkan pada kesalahan.
  3. Dekatkan diri pada Alloh agar diberi ketenangan hati. Sholat dan beribadah adalah caranya.

Nah, demikianlah sedikit penyampaian saya terkait dengan doa sebelum ujian beserta tips-tips sukses menghadapi ujian. Semoga penyampaian kali ini dapat bermanfaat untuk adik-adik yang hendak melaksanakan UN atau ujian skripsi. Terimakasih.

No comments:

Post a Comment